hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Apa Saja Biaya Sewa Apartemen?

Biaya sewa apartemen

Apa Saja Biaya Sewa Apartemen?

Hokkers perantau? Mau sewa apartemen tapi takut kurang budget? Itulah mengapa ada pepatah “sedia payung sebelum hujan”. Hokkers perlu mengetahui segala hal sebelum Hokkers berencana tinggal di apartemen, terutama masalah biaya selain biaya sewa unit apartemen.

Tinggal di apartemen memang lebih terjamin dibandingkan rumah kos atau kontrakan. Sebab di apartemen sudah tersedia kamar siap huni dengan fasilitas lengkap, lingkungan yang bersih, pemandangan yang bagus, serta keamanan yang selalu dijaga oleh security dan CCTV 24 jam penuh. Oleh karena itu, Hokkers perlu mencatat biaya apa saja yang harus Hokkers persiapkan untuk tinggal di sebuah hunian vertikal, termasuk biaya ekstra yang mungkin belum Hokkers ketahui.

Biaya Sewa Apartemen

Biaya sewa apartemen yang Hokkers pilih sesuaikan dengan budget yang Hokkers miliki. Untuk itu, cek dulu lokasi yang paling dekat dengan tempat kerja atau beraktivitas. Misalkan, Hokkers kerja di kawasan SCBD, maka carilah sewa apartemen di sekitar Bendungan Hilir dengan rata-rata 8 juta per bulan atau 80 juta per tahunnya.

Namun, jika Hokker keberatan dengan budget tersebut, bisa milih sewa apartemen di daerah yang lebih jauh namun lebih murah. Misal di daerah Jakarta Selatan, Kalibata City, dengan unit 2 kamar tidur fully furnish, cukup mengeluarkan budget sewa apartemen setengahnya. Namun pastinya harus mengeluarkan biaya transportasi.

Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) Apartemen

Mungkin Hokkers mengenal biaya IPL sebagai service fee atau maintenance fee. Biaya ini bisa dikenakan setiap bulan, per tiga bulan, atau per tahun, tergantung pada luas unit apartemen dan kebijakan dari pengelola. Biaya IPL dialokasikan untuk perawatan fasilitas bersama, seperti pengelolaan operasional, kebersihan, keamanan, asuransi, hingga pengelolaan sarana dan prasarana apartemen yang berjalan terus menerus.

Nah, untuk biaya IPL ini adalah kesepakatan antara pemilik dan penyewa. Ada pemilik apartemen yang bersedia menangggung IPL ada yang tidak. Misal di Apartemen Green Pramukan dan Bassura City Apartemen, biasanya pemilik yang menanggung biaya IPL dan tidak membebankan kepada penyewa.

Sinking Fund

Berbeda dengan IPL, sinking fund merupakan biaya yang harus Hokkers keluarkan ketika ada kerusakan fasilitas di dalam unit apartemen Hokkers. Misalnya untuk saluran air wastafel yang mendadak rusak dan perlu diganti, maka biaya perbaikan diambil dari sinking fund.

Sederhananya, sinking fund ini merupakan tabungan yang akan dialokasikan untuk perbaikan kerusakan fasilitas unit apartemen Hokkers. Biaya ini berkisar 100ribu sampai 200ribu setiap bulannya. Ini biasanya tagihannya akan bersamaan dengan penagihan IPL.

Biaya Tarif Bisnis

Mungkin Hokkers belum familiar dengan istilah ini. Biaya tarif bisnis adalah biaya yang dibebankan oleh penghuni apartemen meliputi biaya listrik, air, internet, telepon, dan juga TV kabel (jika ada).

Setiap apartemen memiliki aturan masing-masing terkait pembayaran ekstra ini. Tarifnya pun juga berbeda-beda tergantung dari manajemen yang berlaku. Beberapa apartemen bahkan ada yang hanya memasukkan biaya listrik dan air ke dalamnya.

Jika di apartemen yang Hokkers pilih tidak ada TV kabel dan internet yang sudah tersedia, maka Hokkers harus memasang sendiri dan inipun biaya yang harus dipikirkan. Ada pemilik yang bersedia menanggung biaya ini, namun kebanyakan menyerahkan pada penyewa.

Biaya Fitting Out

Tidak semua apartemen membebankan biaya fitting out kepada penghuninya. Biaya fitting out disebut juga biaya renovasi dan dekorasi pada unit apartemen. Itu artinya, Hokkers bisa melakukan renovasi ketika Hokkers merasa bosan atau ketika Hokkers membutuhkan fasilitas baru di dalam unit apartemen Hokkers.

Walaupun begitu, jangan lupa untuk selalu melapor kepada pengelola apartemen sebelum melakukan renovasi atau pemasangan fasilitas. Sebab pengelola apartemen bisa mengenakan denda jika tidak ada laporan terlebih dulu.

Biaya Laundry

Biaya yang satu ini cenderung sering dilupakan oleh orang-orang yang berniat untuk sewa apartemen, terutama ketika Hokkers baru menyadari bahwa kurangnya fasilitas mesin cuci di dalam apartemen. Terlebih lagi, Hokkers tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci seluruh pakaian kotor Hokkers.

Jangan khawatir, Hokkers hanya perlu memisahkan sedikit budget untuk biaya laundry setiap bulannya. Hokkers bisa menggunakan jasa laundry yang ada di sekitar lokasi apartemen. Lain halnya, jika di apartemen Hokkers tersedia jasa laundry khusus. Wah, tentu itu akan memudahkan pekerjaan Hokkers.

Biaya Parkir

Tentu saja Hokkers perlu menyiapkan budget untuk biaya parkir bulanan ketika sewa apartemen. Namun, ini berlaku hanya bagi Hokkers yang memiliki kendaraan pribadi. Jika Hokkers biasa menggunakan transportasi umum, Hokkers cukup menyiapkan budget perjalanan sehari-hari tanpa biaya parkir dan bensin.

Setiap apartemen membebankan biaya parkir berbeda-beda. Ada yang menggunakan kartu member sehingga mendapat harga khusus, ada juga yang tidak dibebankan biaya sama sekali.

Nah, setelah mengetahui biayanya, apakah Hokkers masih berniat sewa apartemen? Jika iya, hubungi kami.

Share

Mau Info Reguler dari Kami?