hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Cara Pilih Perantara Pembelian Properti

agen properti

Cara Pilih Perantara Pembelian Properti

Kontribusi seorang perantara pembelian alias agen dalam proses jual beli properti sangatlah membantu. Tidak semua orang mampu memahami dengan baik mengenai hal-hal teknis yang detail seputar transaksi dalam menjual atau membeli properti. Ketidakpahaman ini dapat menimbulkan risiko di kemudian hari. Perlu diketahui bahwa investasi properti merupakan investasi jangka panjang. Jangan sampai investasi jangka panjang ini menjadi tidak berjalan sebagai mestinya karena Hokkers telah melakukan kesalahan di awal. Ya, kesalahan di awal karena adanya kesalahan saat pembelian properti. Untuk mengatasi ini, sebenarnya ada pihak yang perannya menghindarkan Hokkers dari kesalahan prosedur dalam proses penjualan maupun pembelian properti. Pihak tersebut adalah agen properti atau real estate agent. Jasa agen properti sangat penting dalam investasi properti. Agen properti akan menjadi perantara pembelian yang dapat diandalkan.

Kemudahan Yang Diberikan Agen

Terdapat beberapa kemudahan yang akan didapatkan apabila membeli properti dengan menggunakan jasa perantara pembelian. Kemudahan-kemudahan tersebut akan diterima secara otomatis oleh klien yang bekerjasama dengan agen properti. Tentunya dengan bekerja sama dengan agen properti, segala urusan mengenai proses jual beli properti akan lebih mudah. Setidaknya terdapat 10 kemudahan yang akan didapatkan apabila Hokkers bekerjasama dengan agen properti. Berikut kemudahan-kemudahan yang akan diterima apabila Hokkers bekerjasama dengan agen properti :

1. Banyak Pilihan Properti

Kemudahan utama yang akan didapatkan apabila Hokkers bekerjasama dengan perantara pembelian adalah banyaknya pilihan listing. Listing adalah daftar properti yang dijual. Ini merupakan marketing tools yang wajib dimiliki oleh setiap agen properti. Dengan menggunakan jasa agen properti, Hokkers akan memiliki berbagai pilihan tipe properti, lokasi, harga, dan model bangunan. Berperan sebagai konsultan properti, seorang agen properti akan mengarahkan Hokkers pada listing yang sesuai dengan kriteria, kebutuhan dan kondisi finansial Hokkers. Hal ini akan mempermudah Hokkers dalam memilih rumah idaman untuk hunian maupun investasi. Para agen properti akan siap membantu Hokkers dengan listing propertinya.

Apabila Hokkers ingin membeli properti primary, seorang agen properti biasanya juga akan menawarkan beberapa produk rumah dan apartemen yang sedang dijual developer. Keunggulan menggunakan agen properti saat membeli properti primary adalah informasi berupa diskon dan promo menarik tentang properti tersebut akan diberitahukan melalui agen properti terlebih dahulu. Developer akan melakukan training dan pemberian product knowledge seputar produk properti kepada agen properti terlebih dahulu. Kemudahan lain adalah dalam melakukan negosiasi seputar metode pembayaran dan negosiasi harga. Agen properti akan menjadi garda terdepan dalam melakukan proses negosiasi kepada developer apabila ada kasus dimana seorang calon client ingin melakukan negosiasi metode pembayaran dan negosiasi harga di luar dari metode pembayaran dan price list yang tercantum pada brosur pemasaran properti.

2. Harga Wajar, No Markup

Keunggulan menggunakan jasa agen properti adalah harga rumah yang dijual adalah harga market price yang wajar. Sudah menjadi standar kerja seorang perantara pembelian hunian untuk melakukan Competitive Market Analysis (CMA) sebelum menjual properti milik klien. CMA adalah sebuah proses dimana agen properti akan melakukan pengecekan harga pasar dengan melakukan komparasi harga pasar dengan properti lain yang memiliki karakteristik, luas, lokasi dan lokasi yang sebanding. Agen properti akan mencari tahu pasaran harga tanah dan bangunan per meter kemudian melakukan appraisal terhadap properti milik klien.

Appraisal dilakukan dengan melakukan perkalian harga per meter dengan luas tanah dan bangunan properti yang akan dijual. Apabila setelah dianalisis bahwa harga tersebut diatas pasaran, agen properti akan mengatakan kepada pemilik properti untuk melakukan penyesuaian harga. Hal ini dilakukan agar pembeli tidak perlu khawatir bahwa properti yang dibeli sudah di-mark up atau overpriced. Untuk itu, jangan khawatir untuk membeli properti melalui agen properti.

3. Bebas Komisi

Apabila Hokkers bertindak sebagai pembeli properti, maka Hokkers tidak perlu khawatir mengenai komisi agen. Sudah menjadi prosedur dimana seorang agen properti mendapatkan komisi dari penjual. Hal ini berlaku untuk pembelian properti primary maupun secondary. Sebagai pembeli Hokkers tidak perlu memberikan komisi kepada agen properti.

4. Legalitas Aman

Membeli properti dari agen properti sangat aman. Setiap listing yang dipegang oleh agen properti terjamin legalitasnya. Mengapa demikian? Karena sebelum agen properti sepakat untuk memasarkan properti penjual, agen properti akan melakukan pengecekan mengenai keabsahan legalitas properti tersebut. Dengan begitu, agen properti akan menjamin bahwa setiap listing properti yang dijual memiliki status hukum dan kepemilikan yang jelas.

5. Hemat Waktu dan Biaya

Dengan bekerjasama dengan agen properti, Hokkers akan menghemat waktu dan biaya. Apabila Hokkers berperan sebagai penjual, agen properti yang akan melakukan pemasaran pada berbagai marketing channel, baik secara offline maupun online. Tentunya hal ini akan menghemat waktu dan biaya pemasaran karena semua dilakukan oleh agen properti. Hokkers hanya perlu melakukan follow up kepada agen properti tersebut mengenai progress penjualan properti Hokkers.

Apabila Hokkers bertindak sebagai pembeli, bekerjasama dengan agen properti juga akan menghemat waktu dan biaya Hokkers. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen properti, Hokkers akan langsung diarahkan kepada sebuah properti yang dianggap paling sesuai. Hokkers hanya melakukan survey lokasi ke properti tersebut. Hokkers tidak perlu melakukan survey ke beberapa properti yang ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan Hokkers. Tentunya hal ini akan menghemat waktu dan biaya.

6. Mudah Mendapatkan Sumber Pembiayaan

Keuntungan menggunakan agen properti adalah Hokkers akan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan sumber pembiayaan. Agen properti tentu telah memiliki rekanan ke lembaga pembiayaan khususnya pihak perbankan. Hokkers akan mendapatkan bantuan dalam mendapatkan pembiayaan khususnya dalam pengajuan KPR atau KPA. Proses pengajuan KPR atau KPA tersebut juga akan dibantu oleh agen properti. Hokkers hanya perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KPR atau KPA agar agen properti bisa membantu Hokkers dalam proses pengajuan.

7. Dibantu Pengurusan Akta Jual Beli (AJB) di Notaris

Pengurusan Akta Jual Beli (AJB) di Notaris memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Terdapat beberapa tahapan-tahapan yang harus dipenuhi sebelum terjadinya AJB. Panjangnya proses ini kerap menguras waktu Hokkers. Dengan bekerjasama dengan agen properti, Hokkers akan mendapatkan kemudahan dalam pengurusan AJB di notaris. Hal ini untuk menjaga legalitas kepemilikan properti saat properti tersebut akan berpindah tangan.

8. Dibantu Pengurusan Validasi PBB, BPHTB, BBN, dan PPH

Sebelum melakukan AJB, agen properti harus mengurus berbagai hal seputar validasi dokumen seperti validasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Bea Balik Nama (BBN) Properti dan Pajak Penghasilan (PPH). Hal-hal teknis seputar legalitas ini yang kerap membuat orang awam mudah terlewatkan atau mudah ditipu. Hal ini sudah masuk ke ranah hukum yang harus dikuasai oleh agen properti. Dengan bekerjasama dengan agen properti yang profesional, maka Hokkers akan dibantu seputar validitas legalitasnya. Hokkers bisa melihat persyaratan jual beli properti disini.

9. Jika Perlu Pindahan Rumah, Dibantu Mobilisasinya

Sebagai agen properti profesional, tentu seorang agen properti yang profesional tidak akan lepas tangan dan “say goodbye”. Jasa agen properti tidak hanya berhenti pada proses jual beli tetapi after sales sesaat terjadinya jual beli properti. Bagi end user yang membutuhkan pindahan barang-barang pribadi ke rumah baru, agen properti akan membantu mencarikan vendor untuk mobilisasi pindahan. Perlu diperhatikan bahwa agen properti bukan yang melakukan mobilitas pindahan tetapi membantu mencarikan vendor yang bisa melakukan jasa pindahan. Untuk itu, segala biaya jasa pindahan akan dibebankan oleh pihak yang membutuhkan jasa pindahan tersebut.

10. Dihubungkan ke kontraktor dan arsitek rekanan jika perlu renovasi.

Pelayanan after sales seorang agen properti tidak berhenti pada jasa pindahan. Agen properti akan siap membantu menghubungkan Hokkers pada kontraktor dan arsitek rekanan jika Hokkers membutuhkan bantuan dalam renovasi rumah. Hal ini untuk menjaga kepuasan Hokkers dalam kerjasama dengan agen properti. Sama halnya dengan jasa pindahan, setiap biaya yang akan dibebankan dengan adanya renovasi akan dibebankan pada pihak yang membutuhkan renovasi.

Kemudahan-kemudahan yang akan didapatkan apabila Hokkers menggunakan jasa agen properti memang tampak sebanding dengan besaran komisi yang dibayarkan (oleh penjual properti). Kemudahan diatas tidak akan Hokkers dapatkan apabila Hokkers salah dalam memilih agen properti. Hokkers harus selektif dalam memilih agen properti. Ingatlah bahwa investasi properti merupakan investasi jangka panjang dan bernilai. Jangan sampai investasi Hokkers menjadi tidak menguntungkan karena kesalahan dalam proses pembelian akibat kesalahan dalam memilih agen properti yang tepat. Berikut adalah tips memilih agen properti yang tepat dan profesional.

Cara Memilih Perantara Pembelian yang Tepat dan Profesional

Dalam proses beli rumah, agen properti adalah salah satu pihak yang kompeten. Tak heran bila melihat iklan rumah online maupun offline, sebagian besar dipasarkan oleh agen. Namun banyak pula orang yang enggan menggunakan jasa ini karena komisi agen properti yang dinilai tinggi. Ditambah, maraknya penipuan yang mengatasnamakan agen properti. Meskipun begitu, menggunakan jasa agen properti untuk membeli rumah adalah sebuah opsi menarik yang kita coba. Nah bila Hokkers ingin membeli rumah, ada baiknya ketahui dulu tips memilih agen properti terpercaya berikut ini.

1. Mengecek Reputasi Perantara Pembelian Hokkers

Hal pertama yang penting dilakukan saat hendak mencari agen properti terpercaya, ialah mengecek reputasinya. Apakah agen tersebut memiliki jejak reputasi yang buruk atau tidak. Lalu, Hokkers pun harus mengecek lisensi dan penghargaan yang dimiliki oleh kantor tempat agen bertugas. Biasanya, kantor agen properti terpercaya dan dikenal banyak orang memiliki situs perusahaan tersendiri. Di dalamnya memuat agen-agen yang berprestasi, sehingga dapat Hokkers jadikan sebagai acuan dalam memilih agen properti terpercaya.

2. Memilih Agen yang Menguasai Area

Hal selanjutnya yang harus dilakukan dalam memilih agen properti terpercaya, ialah memastikan agen tersebut menguasai area atau daerah yang Hokkers inginkan. Karena agen harus memiliki pengetahun tentang fasilitas publik, infrastruktur dan aksesibilitas, ini berguna membantu pencari properti menentukan pilihan. Memiliki agen yang aktif memberi informasi tentunya sangat penting untuk para pencari properti.

3. Agen Mengetahui Tren Harga Properti

Memilih agen properti terpercaya dapat dilihat dari kepiawaiannya saat menjelaskan tren harga properti di suatu kawasan. Hal tersebut dapat jadi keunggulan agen, terutama saat merekomendasikan pilihan properti di berbagai kawasan.

4. Memilih Perantara Pembelian yang Bisa Jadi Pendengar yang Baik

Agen properti haruslah menjadi seorang pendengar yang baik dan menerima semua keinginan konsumen. Dengan mendengarkan keinginan konsumen, agen properti mampu mengingat spesifikasi properti yang diinginkan baik secara lokasi, harga, dan sebagainya.

5. Pilih Agen Properti yang Berpengalaman

Nama besar sebuah brand agen properti tidak didapatkan dengan mudah. Perlunya pembuktian panjang bahkan hingga puluhan tahun. Namun, lamanya umur sebuah agen properti juga tidak menentukan bahwa agen properti tersebut berkinerja baik. Dibutuhkan profesionalitas dan integritas para agen properti dalam melakukan tugasnya. Dibutuhkan kegigihan dan konsistensi dalam proses jual beli properti yang merupakan produk slow moving. Berbagai pembuktian panjang tersebut menjadikan sebuah agen properti menjadi lebih berpengalaman. Pastikan Hokkers memilih agen properti yang berpengalaman dibidangnya.

6. Pilih Agen Properti Yang Memiliki Prestasi dan Penghargaan

Agen properti yang profesional dapat dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diterima. Penghargaan tersebut bisa diberikan oleh lembaga kredibel yang diakui secara nasional maupun internasional. Semakin konsisten agen properti mendapat penghargaan, maka semakin menunjukkan bahwa agen properti tersebut memiliki prestasi. Apalagi apabila penghargaan tersebut diraih selama beberapa tahun berturut-turut. Pastikan Hokkers memilih agen properti yang memiliki prestasi dan segudang penghargaan.

7. Pilih Perantara Pembelian Yang Memiliki Jaringan Bisnis Yang Luas

Perbedaan agen properti ternama dengan agen properti tidak ternama terletak pada jaringan bisnisnya. Agen properti yang ternama umumnya telah memiliki jaringan bisnis yang luas. Jaringan bisnis sebuah agen properti yang telah memiliki nama besar biasanya sudah memiliki kerjasama khusus dengan banyak developer properti ternama di tanah air. Beberapa investor properti juga akan lebih percaya untuk bekerja sama dengan  agen properti yang sudah memiliki nama besar.  Dengan begitu, probabilitas properti Hokkers lebih cepat terjual akan lebih tinggi. Pastikan Hokkers memilih agen properti yang memiliki jaringan bisnis yang luas.

Memiliki jaringan dengan developer dan investor properti memang sebuah keharusan sebuah real estate agent. Tetapi hal tersebut tidaklah cukup. Agen properti tersebut harus memiliki jaringan bisnis ke pihak perbankan sebagai lembaga pembiayaan. Dengan adanya hubungan kerjasama dengan pihak perbankan, maka akan mempermudah pembeli properti dalam mendapatkan sumber pembiayaan.

Nah setelah mengetahui beberapa tips memilih agen properti terpercaya, jika mau memasarkan properti melalui perantara hubungi kami yaa…

Share

Mau Info Reguler dari Kami?