hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Keuntungan dan Kerugian Investasi di Ruko

jual beli ruko

Keuntungan dan Kerugian Investasi di Ruko

Pada dasarnya, jangan berinvestasi properti hanya karena ikut-ikutan orang lain. Properti ada banyak sekali pilihannya mulai dari rumah tapak, apartemen, properti komersial seperti ruko (rumah toko), rukan (rumah kantor), tempat usaha di pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Investasi ruko memiliki keunikan tersendiri, karena orang yang membeli ruko memiliki motivasi untuk membuka usaha. Jarang ada orang yang membeli ruko, hanya untuk rumah tinggal saja.

Selain investasi rumah, ruko juga menjadi pilihan investor yang cukup banyak. Ruko merupakan bangunan yang memiliki dua fungsi yaitu hunian dan bisnis. Inilah alasan mengapa banyak orang memilih ruko sebagai instrumen investasi. Mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Keuntungan Investasi Ruko

Tidak kalah menguntungkan dengan investasi properti lainnya seperti rumah atau apartemen. Berikut berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari memiliki ruko dan berinvestasi di dalamnya:

1. Properti Multifungsi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ruko tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat usaha tetapi juga sebagai tempat tinggal. Bahkan bisa dijadikan gudang atau tempat menyimpan barang. Karena sebagian besar ruko didesain sebagai area multifungsi, maka memiliki ruko tidak hanya membuat Hokkers merasa memiliki properti untuk berbisnis, tetapi juga sebagai tempat tinggal dan bekerja.

2. Menjadi Penghasilan Pasif

Dengan menyewakan kembali ruko yang Hokkers miliki, Hokkers bisa mendapatkan penghasilan bulanan atau tahunan tanpa harus melakukan apa-apa. Cukup dengan mengecek kondisi ruko secara berkala dan merawatnya dengan baik jika ruko tidak terisi.

3. Proses Menjalankan Bisnis Sangat Fleksibel Dan Mudah

Jika Hokkers adalah orang yang menggunakan toko sendiri untuk bisnisnya sendiri. Hokkers tidak perlu lagi khawatir akan perpanjangan masa sewa, biaya perawatan, biaya administrasi, dan lain sebagainya. Karena Hokkers melakukan bisnis di properti Hokkers sendiri.

4. Memperoleh Capital Gain

Sebagai investor properti, Hokkers akan mendapatkan keuntungan berupa capital gain. Capital gain adalah keuntungan yang akan diperoleh investor properti karena adanya apresiasi nilai atau kenaikan harga properti yang terjadi setiap tahunnya. Keuntungan ini hanya akan diperoleh jika pemilik properti memutuskan untuk menjual propertinya dengan harga pasar terbaru atau menyewanya kembali dengan harga baru yang lebih tinggi dari sebelumnya.

5. Menjadi Aset Berharga

Investasi properti banyak diasosiasikan sebagai investasi jangka panjang. Selain itu anda bisa mendapatkan passive income secara terus menerus. Investasi properti tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat berbisnis atau tempat tinggal, atau barang yang bisa disewakan kembali.Tapi bisa juga sebagai tabungan hari tua karena nilai jualnya bisa sangat tinggi, aset berharga bagi keluarga, warisan saat meninggal dan jaminan pinjaman ke bank saat membutuhkan uang dalam jumlah besar.

Kerugian Investasi Ruko

1. Tidak Bisa Di Perbesar

Sebelumnya kita sudah membahas bahwa investasi rumah dan ruko sama-sama menguntungkan. Namun sayang, ruko tidak bisa diperbesar seperti rumah. Luas dan fasad ruko biasanya ditentukan oleh developer sehingga tidak bisa kami ubah.

2. Bisa Jadi Desain Ruko Kurang Menarik

Banyak developer yang membangun ruko dengan desain modern. Namun, desainnya masih standar dan cenderung tidak mencuri perhatian. Padahal, untuk memulai bisnis, masyarakat membutuhkan warung yang eye catching agar pelanggan tertarik untuk datang.

3. Terkadang Mendapatkan Lokasi Yang Sepi

Hati-hati dalam memilih ruko untuk investasi. Jika bangunan yang Hokkers beli berada di daerah yang sepi, maka akan jarang para pebisnis yang mau menyewakan ruko untuk usahanya. Ruko di tempat sepi juga tidak baik untuk investasi masa depan karena hanya akan merugikan Hokkers. menghabiskan uang untuk pajak bangunan dan biaya pemeliharaan tanpa mendapatkan laba atas investasi.

Tips Sukses Investasi Ruko

Tertarik dengan investasi ruko? Berikut beberapa tips agar ruko bisa menjadi ladang bisnis yang sukses dan menjadikannya aset yang menguntungkan untuk diinvestasikan:

1. Lokasi Di Jalan Utama

Pilih ruko yang terletak di jalan utama. Karena ruko dikhususkan untuk tempat berbisnis, ada baiknya memilih lokasi yang sering dilalui kendaraan pribadi, umum dan pejalan kaki. Dengan berada di tempat yang ramai atau dilalui banyak orang berarti nilai properti ruko Hokkers juga semakin tinggi. Dengan begitu, bisnis yang Hokkers jalankan berpotensi menjangkau banyak calon pelanggan. Atau Hokkers bisa menjual dan menyewakannya kembali dengan harga tinggi.

2. Bisa Juga Di Perumahan

Jika harga beli ruko di jalan utama atau jalan utama terlalu mahal untuk budget anda. Hokkers dapat mencoba untuk menemukan satu yang ada di perumahan. Eits, tapi perumahan besar, tidak elit atau eksklusif. Dengan berbisnis di perumahan padat yang berkonsep mixed used atau kota mandiri, tentunya potensi keuntungan dari bisnis persewaan ruko yang dijalankan akan terbuka lebar.

3. Memasang Tarif Sewa Ruko Yang Wajar

Jika Hokkers adalah tipe orang yang lebih memilih untuk menyewakan kembali ruko Hokkers. Sebaiknya jangan terlalu serakah dan terapkan harga sewa yang terlalu tinggi kepada calon penyewa. Untuk menentukan harga sewa anda bisa melakukan dengan dua cara, yang pertama berdasarkan harga pasar di sekitar lokasi dan yang kedua berdasarkan perhitungan Hokkers sendiri.

4. Pelajari Hukum Sewa Dengan Baik

Dalam suatu perjanjian sewa terdapat aturan-aturan hukum dan kebijakan-kebijakan yang harus dicantumkan dalam perjanjian tersebut. Intinya adalah untuk melindungi hak-hak penyewa dan mereka yang menyewakan. Dengan hukum yang jelas dalam perjanjian sewa menyewa. Hokkers sebagai pemilik toko bisa mendapatkan perlindungan hukum secara hukum. Jadi, ketika penyewa melanggar isi perjanjian atau kontrak sewa yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Mengetahui hal ini dapat menghindarkan Hokkers dari kerugian yang diakibatkan oleh kelalaian penyewa.

Bagaimana Cara Memilih Ruko untuk Investasi?

Jika Hokkers berniat investasi ruko, tentu Hokkers perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Lokasi Ruko: seperti penjelasan sebelumnya lokasi ruko akan sangat mempengaruhi harga sewa. Carilah ruko yang terletak di daerah pusat keramaian atu daerah dengan kondisi ekonomi yang hidup.

Harga Beli Ruko : belilah ruko dengan harga yang masih waja. Salah satu ajaran Robert T. Kiyosaki (seorang penasehat keuangan Amerika) adalah dapat keuntungan saat kita membeli ruko, bukan saat menjualnya nanti. Artinya kita perlu usaha lebih untuk mendapatkan ruko dengan harga yang bagus (harga diskon).

Cicilan : salah satu ciri investor pemula dan investor berpengalaman adalah permodalan. Investor yang berpengalaman akan menggunakan uang orang lain (other people money). Dalam kaitan investasi ruko, kita dapat menggunakan utang KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Pastikan Hokkers sudah membandingkan beberapa penawaran KPR dan mendapatkan penawaran yang terbaik (dari segi bunga, kemudahan pembayran dan manfaat lainnya).

Harga Sewa Ruko adalah pertimbangan penting, karena Hokkers berniat membeli ruko untuk investasi. Tidak ada salahnya Hokkers lakukan perbandingan harga sewa ruko atau properti disekitar lokasi.

ROI dan BEP Investasi perlu diperhitungkan. Bandingkan antara harga sewa ruko dengan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Hitung rasio pengembalian modal (return on investment – ROI) dan waktu balik modal (break even point).

Semoga penjelasan di atas dapat menjadi bahan pertimbangan saat investasi ruko. Selamat berburu ruko yang dapat menghasilkan keuntungan untuk Hokkers.

Apakah Hokkers berencana investasi ruko dalam waktu dekat ini? Apakah Hokkers akan menggunakan KPR atau mendanai sendiri? Mengapa Hokkers memilih investasi ruko dibandingkan dengan investasi properti lainnya?

Masih kebingungan menemukan investasi di ruko yang mengutungkan? Bisa hubungi kami.

Share

Mau Info Reguler dari Kami?