hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Manfaat Asuransi Properti

manfaat asuransi properti

Manfaat Asuransi Properti

Mungkin Hokkers bertanya-tanya, apa sih manfaat asuransi properti itu? Memiliki asuransi sama halnya dengan Hokkers menabung dalam jangka panjang sekaligus menyusun keuangan Hokkers secara lebih teratur dalam waktu yang cukup lama. Tak hanya itu, berbeda daripada menabung biasa, asuransi juga memiliki semacam proteksi pada setiap aktivitas dan kegiatan yang Hokkers lakukan.

Menurut sudut pandang finansial, asuransi properti berarti asuransi yang digunakan untuk mengurangi risiko keuangan bila terjadi kerusakan pada properti yang diasuransikan. Kerugian akibat kerusakan tersebut akan ditanggung bersama-sama dengan pembagian secara proporsional.

Properti yang dimaksud di sini adalah yang berkaitan dengan benda-benda tak bergerak yang bernilai tinggi misalnya rumah, kantor, gudang, rumah toko (ruko), dan rumah kantor (rukan). Jadi, bagi Hokkers yang memiliki bisnis seperti kos-kosan atau kontrakan atau penyewaan ruko maka asuransi seperti ini sangatlah dianjurkan untuk dicoba.

Alasannya agar bila suatu hari nanti terjadi kerusakan yang tidak diinginkan maka pihak penyedia asuransi akan memberikan ganti rugi pada setiap kerusakan pada properti yang sudah Hokkers asuransikan. Bang Hokki sudah membahas soal manfaat asuransi secara umum bagi nasabahnya. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat asuransi properti secara umum akan dijelaskan di bawah ini.

Manfaat Asuransi Properti Secara Umum

Ada banyak kejadian tidak terduga di dunia ini yang datang pada saat-saat tidak dibayang-bayangkan dalam hidup. Saat keadaan finansial lagi tidak stabil dan pemasukan berkurang, tiba-tiba saja rumah kebakaran atau banjir datang melanda. Alhasil rumah dan properti berharga Hokkers pun rusak. Hokkers pun mengalami kerugian pada waktu-waktu terburuk dalam hidup Hokkers. Di sinilah peran asuransi penting.

Bila Hokkers sudah mendaftar sebagai nasabah asuransi untuk properti-properti Hokkers yang berharga sebelumnya, maka ketika terjadi kerusakan karena peristiwa-peristiwa tidak terduga seperti kebakaran, sambaran petir, bencana alam, kecurian, atau hal-hal yang tak diinginkan lainnya, pihak asuransi akan membantu Hokkers dalam meng-cover biaya perbaikan akibat kerusakan-kerusakan yang dimaksud. Berikut adalah manfaat dari asuransi properti secara umum:

  1. Rasa Nyaman dan Tenang

Siapa yang tidak ingin hidup tenang, nyaman dan aman di dunia ini? Semua orang rela melakukan apa saja agar hidupnya bisa bahagia hingga hari tua. Nah, memiliki asuransi atas properti-properti yang berharga seperti rumah, bangunan serta segala harta benda yang sudah Hokkers kumpulkan selama sekian tahun di dalamnya merupakan salah satu tindakan preventif jangka panjang yang wajib untuk Hokkers lakukan demi kenyamanan hidup Hokkers di masa datang.

Hokkers tidak mau bukan kalau semua properti yang selama ini sudah susah payah Hokkers miliki akan hilang dalam sekejap begitu saja oleh karena kejadian-kejadian yang tidak diinginkan macam kebakaran, bencana alam atau bahkan kecurian? Oleh karena itulah, asuransi properti ada agar Hokkers tidak merasa cemas lagi bagaimana melindungi properti-properti Hokkers yang berharga.

  1. Mendapatkan Ganti Rugi

Tak ada manusia biasa yang mampu memprediksi apa yang terjadi di masa depan. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri pribadi, keluarga dan harta benda yang kita miliki bahkan dalam satu jam ke depannya. Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan yang menimpa harta benda Hokkers pada saat-saat tak terduga maka pastinya Hokkers akan kebingungan habis, bukan? Apalagi bila keadaan keuangan Hokkers sedang tidak stabil. Oleh karena itulah, demi mengantisipasi kerugian finansial yang dimaksud, Hokkers harus mencoba jaminan perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi properti.

  1. Terhindar dari Risiko Tuntutan Hukum

Hampir semua warga sipil tidak mau berurusan dengan tuntutan hukum, dan pastinya juga Hokkers. Kerusakan pada properti misalnya oleh karena bencana alam maupun bencana tidak disengaja yang membuat orang lain terluka bisa menyebabkan Hokkers mendapatkan tuntutan hukum yang tidak main-main.

Nah, salah satu manfaat asuransi properti secara umum yang lain bila Hokkers mendaftarkan diri sebagai nasabah adalah Hokkers bisa mendapat perlindungan dari tuntutan hukum bila suatu hari nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersebut di atas. Bukankah sedia payung sebelum hujan itu tidak ada salahnya?!

  1. Properti Berharga Hokkers Terlindungi

Sehebat-hebatnya seorang peramal, ia tidak akan pernah bisa memprediksi segala kejadian di masa depan dengan begitu tepatnya. Begitu pula dengan Hokkers yang bukan peramal. Hokkers tidak memiliki kehendak dan power atas segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Bencana bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja pada waktu-waktu yang biasanya tidak diduga, entah itu bencana alam maupun bencana kerusakan yang dibawa oleh tangan-tangan jahil manusia.

Oleh karena itulah, melindungi harta benda, rumah dan bangunan-bangunan berharga yang Hokkers miliki lewat asuransi properti merupakan suatu upaya untuk melindungi apa-apa yang Hokkers miliki dari kejadian yang tidak diinginkan di masa depan.

  1. Nilai Properti Berharga Hokkers Tetap Stabil

Nah, salah satu manfaat paling menggiurkan dari asuransi properti yang wajib untuk Hokkers ketahui adalah menjaga agar nilai properti Hokkers tetap stabil bahkan membuatnya menjadi lebih tinggi.

Misalnya saja seandainya rumah atau bangunan Hokkers terkena bencana, maka tidak perlu khawatir akan kehilangan keuntungan atau nilainya turun karena asuransi properti telah menjamin bahwa nilainya tetap stabil. Hokkers akan diberi jaminan penuh atas kehilangan pendapatan karena kerusakan pada properti Hokkers tersebut.

Hal-hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Asuransi Properti

Setelah mengetahui definisi serta manfaat asuransi properti secara umum. Maka hal penting lain yang harus dipertimbangkan secara matang sebelum benar-benar memutuskan memilih asuransi ini adalah sebagai berikut.

  • Cara pengajuan klaim bila terjadi risiko yang tidak diinginkan tersebut
  • Harta benda apa saja yang ditanggung
  • Bencana alam apa saja yang ditanggung oleh asuransi
  • Perluasan jaminan risiko apa saja yang ditawarkan
  • Apa saja pilihan mekanisme pembayaran preminya
  • Besaran uang pertanggungan dan hal-hal lain yang dikecualikan
  • Masa berlaku polis atau term-term waktu yang terkait padanya
  • Risiko dasar apa saja yang akan ditanggung pihak asuransi

Ketentuan lain yang dirasa penting misalnya apakah pihak perusahaan asuransi akan menanggung seluruhnya. Atau adakah ketentuan lain yang menyebabkan pertanggungan tak mencakup secara menyeluruh jika risiko yang terjadi. Hal ini, menyebabkan seluruh rumah dan bangunan atau properti Hokkers habis.

Oleh sebab itu, pahami lebih dalam kebijakan penentuan besaran premi yang diajukan perusahaan asuransi. Biasanya besaran preminya ditentukan dari lokasi, penggunaan properti atau bangunan, hingga kualitasnya.

Misalnya untuk rumah huni maka perusahaan akan melihat berapa jumlah penghuninya. Atau rekam jejak lokasi rumah contohnya tingkat tindak kriminal seperti pencurian. Catatan soal banjir hingga nilai harta benda yang ada di dalamnya yang ikut untuk diasuransikan.

Untuk kualitasnya, asuransi properti dibedakan atas tiga kelas yaitu pertama. Bangunan tahan api, kemudian kedua, relatif tahan api dan ketiga, cenderung rentan atau tidak tahan terhadap api. Pastinya, besaran preminya pastinya akan berbeda-beda untuk tiap kelas bangunan

Share

Mau Info Reguler dari Kami?