hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Pilih Apartemen Bulanan, Mudah dan Aman

sewa bulanan

Pilih Apartemen Bulanan, Mudah dan Aman

Pilih sewa apartemen bulanan? Nah, tinggal di apartemen memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan tinggal di rumah tapak, seperti fasilitas internalnya yang lengkap, lokasinya strategis di perkotaan, dan huniannya lebih privat. Namun, jangan sampai Hokkers lupa untuk mempertimbangkan faktor harga lantaran tergiur dengan berbagai kelebihannya tersebut.

Di bawah ini, Bang Hokki memiliki beberapa tips dan cara sewa apartemen bulanan berikut ini agar bisa menjadi panduan untuk Hokkers. Mari baca uraiannya satu per satu!

Tentukan Budget Sewa Apartemen Bulanan

Biaya sewa apartemen bulanan bisa saja akan diikuti oleh biaya lain-lainnya, sehingga perlu untuk mempersiapkan dana ekstra.  Total dari tarif sewa dan biaya tambahan inilah yang perlu Hokkers sesuaikan dengan kantong. Jadi, jangan buru-buru pilih apartemen, lalu baru mengecek kondisi dan kemampuan keuangan belakangan, ya. 

Budget sewa apartemen tersebut justru harus ditentukan di awal. Kalau tidak ada perhitungan, bisa saja Hokkers malah kewalahan nantinya. Apalagi kalau sewa bulanan, yang berarti Hokkers harus mengeluarkan biaya rutin setiap bulannya. Oya, pertimbangkan juga biaya pindahan, biaya perabotan jika kondisi apartemen kosong, dan uang jaminan serta yang lainnya.

Pilih Apartemen Bulanan Sesuai Kebutuhan

Banyak yang memilih apartemen karena hal-hal yang sebenarnya tak terlalu penting. Artinya pilihlah sesuai kebutuhan, ketimbang keinginan semata. Misalnya, pilih yang dekat ke tempat beraktivitas, karena ini bisa menghemat anggaran transportasi sehari-hari nantinya. Pertimbangkan juga fasilitas yang ditawarkan. Hitunglah, apakah dengan fasilitas yang disediakan, kemudahan yang diberikan akan setimpal dengan uang yang akan Hokkers keluarkan.

Pilih Unit Apartemen Bulanan yang Dimiliki Kenalan

Jika ingin mendapatkan harga lebih terjangkau, Hokkers bisa tinggal di apartemen yang dimiliki teman atau kenalan. Jadi, sebelum mencari apartemen secara online, sebaiknya pastikan dulu apakah ada teman atau kenalan yang memiliki hunian vertikal tersebut.

Dengan menyewa langsung unit kepada teman atau kenalan, ada beberapa biaya yang tidak perlu Hokkers bayarkan, seperti biaya agen properti atau biaya layanan situs properti. Atau, Hokkers juga bisa mencari teman yang memiliki koneksi dengan pemilik apartemen. Bisa jadi Hokkers mendapatkan harga khusus berkat relasi tersebut.

Bandingkan Harga di Beberapa Situs

Apartemen yang disewa biasanya tak hanya dipasarkan pada satu situs saja. Beberapa agen atau pemilik apartemen kerap mengiklankan propertinya pada beberapa situs. Jadi, Hokkers bisa lebih mudah membandingkan harga satu properti pada satu situs dengan situs lainnya. Tak jarang, ada situs marketplace properti yang sedang menyediakan promo untuk penggunanya. Jadi, silakan pilih harga properti yang paling murah.

Adakan Kesepakatan Tertulis

Dengan adanya kerjasama dan kesepakatan hitam di atas putih, ini akan menjadi pegangan antara penyewa dan pemilik apartemen. Jadi jika di kemudian hari ada masalah, kesepakatan tertulis ini bisa jadi rujukan dalam penyelesaian. Biasanya jika Hokkers ingin coba cara sewa apartemen bulanan maupun tahunan, di dalam kesepakatan seharusnya tercantum poin-poin penting.

Mulai dari besaran uang sewa yang harus dibayar ditambah rincian biaya lain-lain, jangka waktu sewa hingga fasilitas yang disediakan. Termasuk mengetahui aturan yang berlaku. Dengan begini, Hokkers bisa mengetahui secara jelas hak dan kewajiban sebagai penyewa. Termasuk sanksi, misalnya bila terjadi kerusakan perabotan atau fasilitas, seperti apa bentuk solusi yang ditawarkan.  Jika ada hal-hal yang ingin dinegosiasikan, inilah saatnya! Jangan lupa bubuhi materai dan tanda tangan ya di surat kesepakatan, sehingga sifatnya jadi legal.

Serahkan Dokumen dan Uang

Ini menjadi cara sewa apartemen bulanan yang terakhir ketika Hokkers sudah menentukan pilihan. Dokumen berupa identitas diri seperti KTP biasanya akan diminta oleh pemilik apartemen. Kadang diperlukan juga bukti tertulis bahwa Hokkers memiliki kemampuan finansial dan sanggup membayar sewa serta biaya lainnya sesuai ketentuan. Setelah itu, biasanya membayar uang muka atau menyerahkan deposit jika memang ada.

Deposit ini akan jadi jaminan bila terjadi kerusakan dan sebagainya. Namun akan dikembalikan di akhir masa sewa, dengan catatan tak ada pelanggaran. Kalau uang muka biasanya sebagai bentuk konfirmasi bahwa unit apartemen tersebut sudah tidak boleh ditawarkan ke orang lain.

Besaran uang muka (DP) juga berbeda-beda, dimana biasanya mencapai 50%. Berikutnya adalah tahap pelunasan, yang berarti Hokkers sudah sah menyewa apartemen dan bisa langsung ditempati. Pilih cara sewa apartemen bulanan bisa jadi langkah tepat bagi mereka yang memiliki bujet terbatas. Karena dengan begitu, Hokkers bisa mengeluarkan uang relatif lebih kecil dalam satu waktu, ketimbang sewa secara tahunan, apalagi kalau sampai beli apartemen. Tapi tetap saja, tinggal di apartemen cenderung lebih mahal ketimbang di kos-kosan. Jadi harus bijak ya dalam membuat pengeluaran.

Libatkan Agen Properti Profesional

Berkat kemampuan dan pengetahuan yang ia miliki, agen properti profesional bisa menjadi partner yang baik dalam mencari hunian yang tepat. Beri tahu agen tersebut terkait spesifikasi serta kriteria apartemen yang diinginkan. Nantinya, ia akan melihat database untuk mencari unit apartemen yang tepat untuk Hokkers.

Selain itu, agen properti umumnya juga bertanggung jawab atas transaksi sewa-menyewa/jual-beli yang dilakukan. Sehingga, urusan dokumentasi dan legalitas akan ia tangani sepenuhnya. Meski begitu, jangan lupa untuk menyiapkan dana atas jasa agen tersebut, ya. Biasanya, besaran komisi atau fee agen properti dihargai 1-5% dari total transaksi yang dilakukan.

Pilih Lokasi dengan Akses Mudah

Sudah jadi rahasia umum, nilai suatu properti ditentukan oleh lokasinya. Sehingga tak heran jika apartemen di pusat kota memiliki nilai yang fantastis.  Nah, solusinya carilah apartemen di lokasi pinggiran atau tidak begitu strategis, tapi tetap dengan akses yang mudah ke tempat kerja atau kampus.  Akses mudah di sini artinya tidak memakan biaya transportasi yang besar.

Pilih Fasilitas dan Kondisi Apartemen sesuai Kebutuhan 

Kami sarankan Hokkers agar memilih fasilitas dan kondisi apartemen sesuai kebutuhan. Contohnya begini, kalau Hokkers sudah memiliki perabotan sendiri, ada baiknya menyewa apartemen dalam kondisi non furnished karena cenderung lebih murah.  Sebaliknya, jika tidak punya maka pertimbangkan untuk sewa apartemen fully furnished. Apalagi kalau harganya relatif murah jika dibandingkan Hokkers harus membeli perabotan lengkap.

Atau pilihan lain, Hokkers bisa membeli perabotan sendiri di pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon.  Bisa juga cari perabotan bekas yang masih layak agar bisa mendapatkan harga terbaik. Upayakan pula untuk membeli perabotan multifungsi ya Selain lebih efisien, juga lebih praktis serta cocok untuk mengisi apartemen yang ukuran ruangnya relatif kecil. Misalnya bed sofa, atau tempat tidur dengan laci atau lemari penyimpanan.

Sharing Apartemen, Kenapa Tidak?

Dewasa ini, banyak orang melakukan sharing apartemen untuk menghemat budget. Dengan sharing apartemen, Hokkers tidak perlu mengeluarkan dana penuh untuk biaya sewa unit per bulannya. Cara ini sangat cocok dilakukan untuk kamu yang masih lajang. Agar tetap adil, diskusikan berada pembagian pembayaran sewa apartemen untuk masing-masing orang. Selain itu, libatkan orang tersebut dalam mencari unit yang tepat. Sebab kalian akan menjadi roommate, opininya terhadap suatu lokasi juga patut diperhitungkan.

Jangan Bawa Kendaraan Pribadi

Jika tidak terlalu butuh, lebih baik jangan bawa kendaraan pribadi, ya. Selain langkah yang baik untuk mengurangi emisi karbon dunia, cara ini juga bisa menghemat biaya hidup per bulannya. Lho, bukannya naik kendaraan umum setiap hari justru lebih mahal? Tidak juga kok, jika moda transportasi yang kita pilih ramah budget seperti KRL ataupun bus kota, tentu akan sangat membantu menghemat pengeluaran.

Lagi pula jika Hokkers bersikeras untuk membawa kendaraan pribadi, maka kendaraan tersebut nantinya akan dikenakan biaya charge lahan parkir apartemen per bulannya. Sekedar mengingatkan, biaya sewa apartemen bulanan tidak termasuk biaya-biaya lain seperti listrik, air, keamanan hingga sewa lahan parkir, lho. Biaya tersebut juga tergolong tidak murah, rata-rata harga sewa lahan parkir apartemen di Jakarta dan Bandung misalnya dibanderol Rp150-300 ribu per bulannya.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Untuk yang satu ini sebenarnya dianjurkan bagi siapapun, termasuk bagi yang memiliki budget lebih dalam menyewa apartemen. Menerapkan gaya hidup hemat bisa dalam bentuk apa saja.  Misalnya, kurangi kebiasaan jajan di luar untuk sekedar makan siang dan makan malam.

Lebih baik Hokkers memasak sendiri di rumah, lalu bawa makanan tersebut sebagai bekal di kantor. Selain itu, mulailah kebiasaan mencuci serta menyetrika pakaian sendiri. Bila kita terus mengandalkan laundry, biaya hidup per bulannya akan bertambah mahal. Untuk Hokkers yang melakukan sharing apartemen, biaya belanja bulanan juga bisa dibagi berdua dengan rekan sekamar. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi biaya hidup per bulannya.

Share

Mau Info Reguler dari Kami?