hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Plus Minus Wisata dengan CamperVan

camper van

Plus Minus Wisata dengan CamperVan

Bukan menginap di hotel maupun homestay, saat ini muncul tren liburan baru yang menarik untuk dicoba, yakni berwisata dengan campervan. Lantas, seperti apa tren liburan menggunakan campervan ini?

Campervan merupakan kegiatan berlibur mengunjungi berbagai tempat wisata di Indonesia menggunakan mobil. Bisa dibilang, campervan adalah solusi menarik bagi Hokkers yang suka road trip bersama keluarga dengan nyaman dan praktis.

Uniknya, ketika liburan dengan menggunakan campervan, Hokkers tidak perlu menyewa kamar hotel. Sebab, campervan sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar terasa nyaman untuk beristirahat layaknya di rumah. Umumnya, beberapa mobil campervan dilengkapi dengan tempat tidur, dapur mini, ruang penyimpanan, hingga sarana hiburan.

Kendaraan campervan cocok digunakan untuk wisata. Bagian belakangnya bisa dimodifikasi menjadi tempat untuk istirahat bahkan dapur. Dengan begitu, tak perlu repot memikirkan soal penginapan dan mampir ke restoran untuk makan.

Meskipun masih tergolong baru, namun tren liburan dengan campervan sebenarnya sudah banyak dilirik masyarakat di Indonesia. Hal ini terlihat dari tingginya antusiasme masyarakat yang mengikuti “Jambore 1st Campervan Indonesia” di Bali, yang telah berlangsung pada 15-17 Maret 2022 lalu.

Lantas, bagaimana kalau selama perjalanan kita merasa lelah dan butuh tidur? Tidak perlu khawatir, karena biasanya para wisatawan yang berlibur menggunakan campervan akan mencari tempat terbuka yang nyaman untuk camping dan beristirahat.

Tentu akan jadi pengalaman yang tak terlupakan, sebab tidak menutup kemungkinan Hokkers bertemu dengan wisatawan lainnya yang sama-sama menggunakan campervan untuk berlibur. Dengan begitu, kegiatan berlibur juga bisa menjadi momen menyenangkan untuk menjalin relasi dengan orang baru.

Persiapan Sebelum Liburan dengan Campervan

Meskipun terlihat praktis dan menyenangkan, namun ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan liburan menggunakan campervan bersama keluarga. Tujuannya agar perjalanan dan kegiatan berlibur berjalan lancar, nyaman, dan juga aman.

Persiapan pertama yang harus dilakukan sebelum liburan dengan campervan adalah mencari informasi campervan sebanyak-banyaknya. Daripada membeli mobil baru, Hokkers bisa menyewa mobil atau menggunakan jasa tour and travel yang menawarkan paket campervan. Untuk sewa ini, Hokkers bisa cek di website Hokki Star.

Tidak kalah penting, pastikan Hokkers telah menentukan destinasi berlibur. Buat list daerah dan kota mana saja yang akan dituju selama road trip menggunakan campervan.

Setelah mendapatkan kendaraan dan menentukan destinasi berlibur, jangan lupa mengenali medan serta cuaca dari destinasi yang dituju. Pertimbangkan juga berapa lama perjalanan dan kebutuhan bensin untuk menuju satu lokasi ke lokasi berlibur lainnya.

Persiapan selanjutnya adalah tidak terlalu banyak memasukkan barang ke dalam campervan. Cukup bawa pakaian, sepatu, obat-obatan pribadi, camilan, air mineral, dan perlengkapan mandi sesuai kebutuhan agar tidak memakan tempat untuk duduk dan tidur di mobil.

Terakhir, Hokkers juga harus menentukan tempat camping yang tepat untuk beristirahat. Jangan hanya fokus pada pemandangan yang ditawarkan, pastikan wilayah tersebut benar-benar aman dan sudah mendapatkan izin dari pengelola tempat camping.

Kelebihan Liburan dengan Campervan

Saat ini mungkin Hokkers masih merasa ragu melakukan wisata dengan campervan. Jangan khawatir, pasalnya campervan menjadi alternatif berlibur yang aman dilakukan saat pandemi karena meminimalkan kontak dengan orang asing.

Selain lebih aman, berlibur dengan campervan juga lebih seru, dibandingkan menggunakan transportasi umum. Hal ini disebabkan karena Hokkers bisa mampir di beberapa tempat menarik atau hidden gem yang tanpa sengaja ditemui selama melakukan road trip.

Disulapnya mobil campervan layaknya rumah yang nyaman juga membuat kegiatan berlibur menjadi lebih praktis. Hokkers tidak perlu repot mampir membeli makanan atau sibuk packing dan unpacking bawaan, karena semua kebutuhan sudah tersedia di dalam campervan.

Mengutip The Travel, berikut empat hal yang mesti dipikirkan sebelum bepergian naik campervan.

1. Ruang serasa kamar pribadi

Bepergian sendirian dengan campervan tentu akan banyak ruang yang bisa digunakan. Pelancong bisa menaruh berbagai barang pribadi untuk membuat suasana benar-benar seperti kamar tidur impian. Bila ada orang lain yang ikut dalam perjalanan, maka tak mungkin memiliki kemewahan untuk menikmati ruangan itu.

2. Membuat keputusan sendiri

Bila pergi bersama, kemungkinan muncul kecenderungan berdebat tentang arah perjalanan. Sebaliknya, travelling sendirian membuatmu bebas menentukan arah. Namun pikir lagi soal harga dan keamanan, lebih baik bepergian bersama. Keuntungan melancong sendirian, hanya soal kenyamanan menentukan keputusan.

3. Pembagian Biaya

Pengeluaran saat bepergian sendiri menggunakan campervan pasti terasa besar. Kalau ada rekan sepanjang jalan, Hokkers bisa berbagi ongkos.

4. Keamanan

Bepergian bersama teman memungkinkan Hokkers untuk bergantian menyetir dan saling menjaga. Untuk urusan logistik, ada teman yang membantu berpikir juga lebih meringankan ketimbang harus mengatur semua hal sendirian.

Yuk, langsung rasakan wisata dengan CamperVan ini bareng HokkiStar. Tarif sewa CamperVan di HokkiStar tidak sampai 1 juta per malam!

Share

Mau Info Reguler dari Kami?