hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Staycation di Apartemen, Untungkah?

Sewa Apartemen Harian

Staycation di Apartemen, Untungkah?

Pernah kepikiran staycation di apartemen? Staycation sendiri sebenarnya adalah penggabungan dari dua kata; stay dan cation. Stay yang artinya menetap, sementara cation berasal dari kata vacation alias liburan. Dua kata itu lalu diterjemahkan secara bebas oleh masyarakat. Namun, menurut Cambridge Dictionary, staycation memiliki arti sebagai liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah. Ibaratnya, Hokkers menjadi “turis di kota sendiri”. Sedangkan menurut beberapa sumber lainnya, istilah ini juga bisa diartikan sederhana sebagai liburan yang dilakukan dengan cara tinggal atau menetap di suatu tempat.

Meskipun bisa dikatakan trend staycation baru meledak di Indonesia saat pandemi, di Amerika Serikat trend staycation sudah dikenal sejak tahun 2003, lho!

Hokker kalo lagi liburan alias staycation, maunya nginep di hotel, hostel, penginapan, atau apartemen? Kalo saya lebih suka di apartemen bahkan di Bali sekalipun. Destinasi wisata yang hotelnya bejibun, keren dan setelah pandemi harganya ga kira-kira murahnya. Apalagi di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, so pasti sewa apartemen dibanding hotel.

Berikut adalah 8 alasan, mengapa staycation di apartemen lebih menguntungkan dibanding sewa hotel:

#1. Lebih murahhh…

So pasti, kalo sewa apartemen harian harganya lebih murah dibandingkan kita sewa hotel. Ya, jika dibandingkan, harga sewa kamar hotel bintang tiga di Jakarta atau Surabaya saat ini diperkirakan mencapai 400 ribu lebih. Bandingkan jika sewa apartemen, Hokkers bisa mendapatkan harga mulai dari 200ribuan untuk tipe studio atau kamar dengan kamar mandi di dalam. Wow, hemat 50%!

Lalu, bila disewa lebih dari dua orang, akan dikenakan biaya tambahan berupa extra bed. Sementara sewa apartemen, Hokkers bisa membawa berapa pun jumlah orang sesuai keinginan, sehingga tidak perlu menambah biaya. Mau sekamar 7 orang sekalipun, OK!

#2. Ruangan Lebih Luas

Umumnya, ruangan apartemen memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kamar hotel, sehingga bisa menampung banyak orang. Lalu, apartemen juga memiliki banyak ruangan, seperti dapur, kamar mandi, dan kamar tidur.

Apartemen memiliki beberapa tipe, yakni studio, 1 kamar tidur, 2 kamar tidur, bahkan bisa 3 hingga 4 kamar tidur. Dengan sewa apartemen tipe 2 kamar tidur, misalnya, Hokkers bisa menempati unit dengan nyaman walau diisi 7 orang.

#3. Fasilitas Segudang

Ngomong-ngomong soal fasilitas, apartemen punya beragam kebutuhan yang bisa membantu keseharian Hokkers saat menginap, lo. Selain itu, ada juga sarana-sarana hiburan, seperti kolam renang, playground, gym, dan lainnya. Nah, kira-kira untuk menikmatinya harus merogoh kocek tambahan tidak, ya?

Jawabannya adalah tidak, karena Hokkres bisa bebas menggunakan sepuasnya tanpa harus membayar biaya tambahan. Sementara itu, untuk menikmati fasilitas-fasilitas di hotel, terkadang Hokkers harus mengeluarkan biaya tambahan.

#4. Peraturan Lebih Fleksibel

Saat staycation, pastinya kita ingin menikmati liburan tanpa harus terikat dengan aturan yang menjemukan. Nah, Hokkers bisa menemukan hal tersebut saat sewa apartemen harian. Pasalnya, hubungan sewa-menyewa sepenuhnya kewenangan pemilik unit dan penyewa, sehingga aturan administrasi dirasa lebih simpel.

Bandingkan jika Hokkers staycation di hotel. Banyak peraturan yang mengikat serta administrasi panjang yang harus dilalui. Ditambah lagi, banyak hotel yang mengenakan biaya tambahan dadakan seperti deposit kunci.

#5. Akses yang Memadai dan Strategis

Akses yang memadai merupakan kunci utama yang dibutuhkan turis saat berkunjung ke luar kota. Nah, kenyamanan tersebut bisa Hokkers temukan apabila sewa apartemen harian, karena bangunan apartemen biasanya berada di pusat kota atau pusat-pusat keramaian.

Seperti di Bassura City Apartment misalnya, Hokkers tidak perlu jauh-jauh kalo mau ngemall, karena di lingkungan apartemen sudah ada mall dengan beragam outlet seperti toko makanan, toko mainan, busana, super market yang menyediakan bahan kebutuhan sehari-hari dan bahkan ada bioskop.

#6. Pilihan Unit untuk Staycation di Apartemen

Seperti yang sudah dijelaskan di poin 2, apartemen menyediakan beragam pilihan unit yang bisa disewa, mulai dari tipe studio, 1 bed room, 2 bed room, 3 bed room sampai 4 bed room. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam dan masih bisa ditawar langsung ke pemiliknya.
Nah, biasanya pemilik akan menitipkan unit apartemennya ke agen properti.

Ini juga merupakan keuntungan buat Hokkers, biasanya 1 agen properti memiliki beberapa listing unit apartemen. Hokkers bisa memilih unit yang paling nyaman untuk staycation.

#7. Biaya Lebih Murah kika Menyewa Lebih Lama

Banyak yang belum tahu nih kalau sewa apartemen bisa lebih murah kalau jangka waktu penyewaan lebih dari satu minggu. Ya, hal tersebut disebabkan pemilik apartemen biasanya lebih senang jika Hokkers menyewa dalam jangka waktu yang panjang. Dengan begitu, Hokkers bisa negosiasi untuk meminta keringanan biaya sewa apartemen kepada pemilik, mengingat waktu sewa yang cukup lama.

#8. Staycation di Apartemen Serasa Rumah

Baik staycation bersama keluarga atau sahabat, apartemen adalah pilihan tepat. Di apartemen kita akan berbagi ruang bersama, memiliki kamar sendiri sehingga lebih privasi, tanpa ada gangguan dari pihak pengelola. Tidak ada tamu atau petugas yang akan datang untuk mengecek kita saat menginap di sini. Dengan demikian, kita lebih bebas beraktivitas tanpa interupsi. Hingga bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta untuk menikmati banyak aktivitas seperti memasak, misalnya. Ya, apartemen akan memberikan lebih banyak ruang dan kenyamanan bagi kita seperti di rumah sendiri

Nah, itulah 8 kelebihan sewa apartemen harian daripada menginap di hotel. Jadi, Hokkers sudah memutuskan untuk staycation di mana?

Share

Mau Info Reguler dari Kami?