hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Tawarkan Sewa Apartemen Harian, Bulanan, atau Tahunan?

@freepic

Tawarkan Sewa Apartemen Harian, Bulanan, atau Tahunan?

Durasi sewa apartemen sendiri bermacam-macam. Ada yang menawarkan sewa tahunan, bulanan, bahkan sewa apartemen harian. Namun yang mana yang paling untung diantara 3 durasi tersebut? Berikut akan kami ulas secara lengkap tentang panduan sewa menyewa apartemen bagi Hokkers calon penyedia sewa.

Bagi Hokkers yang memiliki unit apartemen namun sedang tidak dihuni, mungkin Hokkers dapat mempertimbangkan untuk menyewakan unit tersebut. Rasio permintaan terkait penyewaan apartemen sendiri menunjukan tren positif setiap tahunnya. Dengan menyewakan unit apartemen, Hokkers akan mendapatkan pemasukan pasif dari properti yang Hokkers miliki.

Sekarang ini, sudah banyak pihak yang menawarkan kemudahan dalam hal penyewaan apartemen. Hokkers dapat menyewakan unit apartemen Hokkers dengan durasi yang variatif. Ada pemilik yang memilih menyewa tahunan, bulanan, bahkan harian.

Namun dari bermacam durasi sewa tersebut, yang mana yang paling menguntungkan? Lebih baik menawarkan sewa apartemen harian, bulanan, atau tahunan? Dilema yang selanjutnya muncul di benak Hokkers mungkin adalah jangka waktu penyewaan yang akan Hokkers gunakan untuk unit apartemen Hokkers. Memang tidak mudah untuk menentukan durasi penyewaan, karena preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Setiap masa sewa pasti memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Untuk jangka waktu mana yang kira-kira terbaik? Itu tergantung dengan pendapat Hokkers pribadi. Berikut kami jabarkan keuntungan dan kerugian masing-masing jangka waktu penyewaan unit apartemen.

Plus Minus Menawarkan Sewa Apartemen Harian

Menawarkan sewa apartemen secara harian masih tergolong baru di pasar bisnis investasi properti. Namun memang sewa apartemen harian ini memiliki keuntungan tersendiri bagi pemilik unit apartemen. Sewa harian unit apartemen memiliki sifat fleksibel bagi pemilik maupun penyewa.

Keuntungan paling menonjol dari sewa apartemen harian bagi pemilik adalah ketetapan harga yang dapat berubah-ubah. Hokkers sebagai pemilik unit apartemen yang menyewakan secara harian, tidak terpaku pada harga yang bersifat jangka panjang. Hokkers dapat mengubah harga sewa unit sesuai situasi dan kebutuhan.

Namun sewa apartemen harian bukan berarti tidak memiliki kerugian. Dengan menyewakan unit secara harian, berarti Anda butuh tenaga atau biaya ekstra untuk melakukan perawatan unit setelah disewakan lebih sering.

Jadi lebih sering bersihin apartemen deh. Tentunya Hokkers tidak ingin unit Anda kotor dan mendapat rating buruk dari penyewa, bukan? Kerugian lainnya dari sewa unit apartemen secara harian adalah unit Anda berkemungkinan besar akan kosong untuk waktu yang lama. Bila apartemen yang disewa harian tidak kunjung laku, tentu butuh upaya ekstra untuk mengiklankan, yang akan kembali menguras biaya pengeluaran.

Belum lagi bila unit berstatus full-furnished, akan ada resiko “wear and tear” untuk barang unit Hokkers. Wear and tear maksudnya adalah resiko dimana barang-barang atau furniture dalam konteks apartemen full furnish menjadi rusak karena sebab tertentu. Sewa apartemen tahunan dan bulanan ada deposit charge guna mensiasati kejadian kerusakan di apartemen.

Plus Minus Menawarkan Sewa Apartemen Bulanan

Unit apartemen yang disewakan bulanan biasanya memiliki jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, hingga 6 bulan masa sewa. Biasanya target penyewaan adalah pendatang yang akan tinggal dan beraktivitas cukup lama di lokasi dekat apartemen.

Untuk keuntungan yang ditawarkan dari penyewaan unit bulanan adalah unit Hokkers akan terisi dengan waktu yang cukup lama. Ketika Hokkers mendapatkan penyewa unit yang cocok dengan Hokkers dan sebaliknya, Hokkers dapat beristirahat dengan tenang mengetahui mereka akan tinggal selama masa sewa sesuai kontrak. Selain mendapatkan rasa aman, keuntungan lain dari penyewaan unit bulanan adalah Anda dapat memberikan bagian sulit dari menjaga kualitas unit kepada pihak apartemen. Walaupun harus mengeluarkan biaya sekian persen dari pendapatan sewa, namun kualitas yang Hokkers tawarkan ke penyewa akan terjamin. Bila penyewa berniat perpanjang kontrak sewa, yang untung Hokkers juga, bukan?

Kerugian dari penyewaan unit apartemen bulanan akan terlihat bila Hokkers membandingkan harga dengan penyewaan unit harian. Untuk penyewaan unit bulanan, harga yang dipatok untuk suatu unit tidak sefleksibel penyewaan unit harian. Hokkers tidak dapat secara instan menaikan harga sewa untuk penyewa yang sedang berada di unit Hokkers karena adanya keterikatan kontrak.

Plus Minus Menawarkan Sewa Unit Tahunan

Penyewaan unit apartemen secara tahunan memiliki kemiripan dengan penyewaan unit apartemen secara bulanan. Keuntungan dan kerugian yang timbul dari penyewaan unit apartemen tahunan sendiri lebih bersifat jangka panjang dibandingkan penyewaan unit bulanan.

Kelebihan dari penyewaan unit apartemen secara tahunan adalah harga unit akan stabil di tengah gejolak pasar. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keadaan pasar investasi properti, keadaan tersebut bisa menuju arah yang positif, namun bisa juga negatif. Perlu dicatat, tren perubahan harga apartemen sendiri biasanya terjadi dalam durasi tahunan.

Di Indonesia sendiri, tren kenaikan harga sewa apartemen sekitar 5% hingga 10% setiap tahun. Anda dapat terlebih dahulu membaca tren harga apartemen secara lebih cermat, sehingga keuntungan yang didapat bersifat jangka panjang dan unit apartemen Hokkers masih bisa bersaing di pasar apartemen. Kenaikan harga sewa sepanjang 2019-2021 diprediksi naik sekitar 3-4% (Sumber: Colliers International Market Report 2018).

Satu lagi keuntungan yang dapat Hokkers nikmati dari penyewaan unit tahunan adalah harga yang relatif lebih murah. Harga yang relatif lebih murah ini bukan berarti kerugian, karena dengan harga yang lebih murah, target pasar akan semakin luas karena membuat unit Hokkers lebih affordable, mengingat semakin tingginya harga sewa apartemen di Indonesia.

Kekurangan dari penyewaan apartemen secara tahunan kurang lebih memiliki kesamaan dengan penyewaan unit secara bulanan, karena keduanya bersifat jangka panjang. Salah satu kerugian paling menonjol adalah Hokkers tidak dapat mengambil kesempatan dalam lonjakan harga hunian sementara saat hari libur atau tanggal merah.

Mau titip sewa apartemen harian, bulanan, atau tahunan? Hubungi kami, ya!

Share

Mau Info Reguler dari Kami?