hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Tips Beli Apartemen Bekas untuk Hunian

apartemen bekas

Tips Beli Apartemen Bekas untuk Hunian

Membeli apartemen memang jadi tren kaum urban yang menginginkan lokasi hunian dekat dengan tempat kerja. Namun harga yang ditawarkan kadang tidak masuk akal, sehingga banyak orang mengurungkan niat dan lebih memilih rumah kontrakan. Tapi, tahukah Hokkers ada alternatif lain dalam membeli hunian? Benar, yakni dengan apartemen bekas.

Apartemen banyak diburu karena harganya yang lebih murah, serta cocok dijadikan hunian maupun instrumen investasi properti Meskipun harga belinya cukup terjangkau, Hokkers masih perlu berhati-hati dalam memilih hunian ini. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada banyak penipuan yang terjadi.

Agar transaksi berjalan aman, yuk simak dulu tips beli apartemen bekas untuk pemula di bawah ini!

Survei Apartemen melalui Situs Properti

Kini sudah banyak situs jual beli properti yang menyediakan listing rumah dijual, apartemen hingga tanah, salah satunya ialah Rumah123. Di laman ini, Hokkers bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai apartemen bekas yang sedang dijual, mulai dari harga, lokasi, sampai simulasi KPA-nya.

Pilih Lokasi Dekat Tempat Aktivitas

Jika Hokkers berniat membeli apartemen bekas, ada baiknya untuk mencari apartemen dengan lokasi yang prima. Maksudnya, apartemen tersebut terletak di area yang dekat dengan fasilitas kesehatan, pendidikan, perbelanjaan, dan transportasi umum.

Teliti Kondisi Bangunan

Setelah menemukan lokasi yang tepat, sebaiknya jangan langsung melakukan transaksi sebagai tanda jadi. Lakukan survei untuk melihat kondisi apartemen, mulai dari kondisi kamar mandi, dapur, kamar tidur, dan sebagainya. Selain itu, apartemen bekas biasanya dijual dalam kondisi fully furnished atau unfurnished, keduanya memiliki harga jual yang berbeda.

Perhatikan Fasilitas yang Disediakan

Beberapa apartemen eksklusif di pusat kota memiliki fasilitas super lengkap berupa kolam renang, gym center, restoran, dan sebagainya. Namun, harga apartemen bekas tersebut biasanya cukup mahal. Berbeda dengan jenis apartemen biasa, yang menawarkan fasilitas mumpuni meski tidak terlalu banyak.

Berani Menawar Harga 

Jangan takut untuk menawar atau nego harga apartemen bekas sampai mendekati kisaran harga yang Hokkers inginkan. Hal ini lumrah kok dilakukan, tapi dengan syarat tetap tawarkan harga yang masuk akal, ya. Pertimbangkan juga sisi kelengkapan fasilitas, kondisi bangunan, hingga lokasi dan akses apartemen tersebut.

Tanyakan Aturan Khusus Apartemen

Ketika jadi pemilik baru sebuah unit apartemen, maka Hokkers harus mengikuti aturan-aturan yang dibuat oleh P3SRS. Agar tidak ada kesalahan selama tinggal di apartemen, sebaiknya tanyakan dulu aturan hingga biaya-biaya yang wajib Hokkers bayarkan. Ada beberapa aturan tinggal di apartemen yang tidak memperbolehkan penghuninya membawa hewan peliharaan. Jika tidak ingin terkena teguran, telitilah dari awal.

Cek Legalitas

Tips membeli apartemen bekas yang paling penting, ialah melakukan pengecekan legalitas dan kelengkapan dokumen apartemen. Adapun dokumen yang perlu Hokkers periksa adalah HGB apartemen, SKBG, PPJB, IMB dan lainnya. Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak kasus apartemen didirikan di tanah sengketa atau tanah milik pemerintah. Dan hal ini tidak hanya dilakukan oleh developer “bodong” saja, tapi bisa juga terjadi oleh pengembang ternama.

Mau beli apartemen bekas? Hubungi kami yaa..

Share

Mau Info Reguler dari Kami?