hokkers88@gmail.com

Email

Apartemen Bassura City Tower Geranium, Kios G/AL/09

Kantor Pusat

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

investasi untuk pemula

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

Tips membeli apartemen untuk pemula memang sangat dibutuhkan. Sebagai orang awam, kita harus mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih unit apartemen yang tepat. Banyak orang menjadikan apartemen sebagai alternatif hunian, untuk menyiasati kurangnya ketersediaan lahan di kota besar. Bukan cuma itu, apartemen juga dianggap sebagai instrumen investasi properti yang menggiurkan.

Meski begitu, membeli apartemen tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Agar tidak keliru saat memilih unit apartemen yang tepat, berikut tips membeli apartemen untuk pemula yang bisa Hokkers ikuti.

Pilih Apartemen di Dekat Lokasi Kerja dan Sekolah

Tips pertama yang bisa Hokkers ikuti adalah, pilih lokasi apartemen yang strategis serta berdekatan dengan lokasi kerja atau sekolah anak. Ini penting, dengan begitu Hokkers bisa menghemat biaya transportasi sehari-hari. Bahkan, saat ini banyak developer yang mengembangkan apartemen mahasiswa berharga terjangkau.

Perhatikan Akses Jalan dan Transportasi Umum

Berhubungan dengan poin sebelumnya, pilihlah lokasi aparteme yang berdekatan dengan akses jalan tol dan moda transportasi publik. Seperti halnya stasiun KRL, halte bus, stasiun MRT, dan sebagainya. Selain dapat memudahkanmu dalam beraktivitas, apartemen dengan akses terbaik biasanya memiliki nilai investasi lebih tinggi.

Beli saat Soft Launching atau Pre-Order

Bagi Hokkers yang ingin membeli unit apartemen baru, tips membeli apartemen untuk pemula berikutnya adalah beli saat soft launching atau pre-order. Biasanya, pengembang memberi diskon harga apartemen secara besar-besaran kepada calon pembeli di masa soft launching.  Hal ini bisa jadi trik tersendiri, untuk mengurangi biaya pembelian unit.

Cari Tahu Kredibilitas dan Track Record Pengembang

Hal satu ini sangat penting untuk Hokkers yang pertama kali beli apartemen, apalagi jika ingin membeli unit saat soft launching.  Pada proses tersebut, apartemen yang ingin Hokkers beli mungkin belum dibangun. Agar terhindar dari modus developer nakal, cari tahu kredibilitasnya lebih dahulu. Hokkers bisa mencari informasi ini lewat Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Cek Izin dan Legalitas Bangunan Apartemen

Supaya lebih yakin, Hokkers bisa cek kredibilitas pengembang dari izin dan legalitas apartemen. Pastikan pihak developer sudah mengantongi sertifikat HGBIMB dan SIPPT dari pemerintah setempat. Tidak cuma baru, hal ini juga berlaku untuk Hokkers yang berencana membeli unit apartemen seken/bekas.

Gunakan Jasa Agen Properti Profesional

Bagi Hokkers yang masih baru, urusan jual-beli apartemen mungkin akan sedikit merepotkan. Sebagai tips membeli apartemen untuk pemula, Hokkers bisa menggunakan agen properti untuk mengurus hal tersebut. Nantinya, segala urusan terkait jual-beli apartemen akan dilakukan sepenuhnya oleh agen properti.

Pilih Unit Apartemen sesuai Kebutuhan

Tipe apartemen ada bermacam-macam, mulai dari studio, 1 bedroom, 2 bedroom, dan sebagainya. Selain tipe, hunian vertikal fully furnishedsemi furnished, dan non-furnished. Sementara untuk desain yang disediakan juga cukup bervariasi, mulai dari apartemen minimalis hingga apartemen mewah. Harga dari masing-masing tipe unit tentunya berbeda-beda. Agar tidak rugi, pilih tipe unit sesuai kebutuhanmu saja, misalnya apartemen untuk keluarga atau perorangan.

Tanyakan Fasilitas Pendukung Apartemen

Selanjutnya fasilitas apartemen yang terbagi menjadi dua, yakni fasilitas pendukung dan fasilitas umum. Fasilitas pendukung adalah fasilitas yang tersedia di area apartemen, serta diperuntukkan bagi para penghuni saja. Misalnya kolam renang, taman, tempat bermain anak, area BBQ, sarana kebugaran, dan sebagainya.

Jika ada, perabotan yang ada di dalam unit juga termasuk fasilitas pendukung, sehingga pastikan apa saja fasilitas yang Hokkers dapatkan. Bila membeli unit full furnished, tanyakan kelengkapan perabot di dalam unit. Biasanya perabotan tersebut meliputi kitchen set, kasur, lemari, sofa, hingga AC.

Amati Fasilitas Umum di Sekitar Apartemen

Tips membeli apartemen untuk pemula berikutnya adalah, amati fasilitas umum di sekitar apartemen. Cari tahu apakah lokasi apartemen dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sekolah. Hal ini sangat penting, dengan begitu Hokkers bisa melakukan aktivitas sehari-hari secara mudah dan cepat.

Hitung Pajak dan Biaya Lainnya

Ketika membeli apartemen, Hokkers biasanya akan dikenakan pajak beserta biaya lain yang tidak terduga. Tanyakan berapa besaran pajak dan biaya lain-lain, seperti biaya keamanan, parkir, air, dan sebagainya.

Persiapkan Dana Pembelian Apartemen

Tentu saja, ketika berniat membeli apartemen tentu Hokkers harus mempersiapkan sejumlah uang. Bukan cuma biaya pokoknya saja, biaya-biaya lain seperti pajak dan iuran apartemen juga harus diperhitungkan.

Pertimbangkan Fasilitas KPA

Sebagai tips membeli apartemen untuk pemula, Hokkers bisa memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan apartemen (KPA) dari bank. Sistem KPA mirip dengan KPR, hanya saja khusus untuk hunian vertikal. Dengan KPA, Hokkers bisa mencicil biaya pembelian apartemen per bulannya selama jangka waktu tertentu.

Itu tadi beberapa tips membeli apartemen untuk pemula, agar transaksi berjalan aman dan lancar. Semoga tips di atas bermanfaat. Selamat mencoba!

Share

Mau Info Reguler dari Kami?